Tuesday 19 July 2016

Lentho Kacang Hijau

[Riset Dapur]
4 Juni 2016

Lentho Kacang Hijau

Saat beraktivitas, tiba-tiba saja saya teringat lentho kacang hijau. Kalau di daerah asal, lentho ini biasa dijadikan lauk yang melengkapi hidangan pecel. Sejak tinggal di Bandung, saya belum menemukan penjual pecel senikmat di daerah-daerah di Jawa Timur. Eits, tapi saya juga tidak pernah bersungguh-sungguh mencari sih. Mungkin, jika dicari lebih lanjut, ada. Sebagai obat kangen, bergeraklah saya mencari resep lentho kacang hijau. Alhamdulillah bertemu dengan salah satu resep di Cookpad. Recook resepnya @hirokinomama deh. Berikut resep yang saya coba,
Ini belum digoreng. Yang udah digoreng, ngga sempet kefoto :D


Bahan :
  • 250 gram kacang hijau, rendam semalam
  • ¼ butir kelapa parut
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm kanji
  • 3 helai daun jeruk, cincang halus

Bumbu Halus :
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdt gula
  • 2 sdt garam


Cara Membuat :
  1. Rebus kacang hijau sampai lunak (kulitnya hampir terbuka tapi tidak sampai mengelupas), angkat tiriskan.
  2. Uleg kasar, campur dengan bumbu halus. Aduk rata, koreksi rasa.
  3. Bentuk bulat lonjong sesuai selera.
  4. Goreng dengan api sedang dan tidak sering dibolak-balik agar tidak pecah.
  5. Sajikan sebagai camilan ataupun lauk di saat makan.

Nah, karena saya membuat agak banyak, maka yang belum digoreng bisa dijadikan stok untuk makan selanjutnya. Untuk menjaga rasa dan tekstur, penyimpangan di kulkas cukup 2 hari saja ya.
#griyariset
#risetdapur
#lenthokacanghijau
#ODOPfor99days
#days41

0 comments:

Post a Comment

 

Belajar Makan Template by Ipietoon Cute Blog Design