Tuesday 19 July 2016

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas ala Riset Dapur

[Riset Dapur]
14 Juni 2016

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas ala Riset Dapur


“Nduk, hari ini mau makan apa?”
Di warung sayur bergumam, “Enaknya masak apa ya hari ini?”
Pernah mengalami? Saya sering, dulu. Pagi ini beli sayuran, pagi ini juga mikir mau masak apa, hari ini juga dimasaknya. Lambat laun, saya merasa banyak membuang waktu di pagi hari hanya untuk memikirkan mau masak apa dan untuk belanja sayuran. Apalagi pagi hari termasuk hectic hours ya, yang mana banyak hal harus dipersiapkan. Jadi, makin ruwetlah saya dalam membuka hari. Setelah mendapat materi manajemen menu di kurikulum Bunda Cekatan, saya pun bertekad mengubah pola. Membuat manajemen menu 7 hari, yang mana penyusunan menu, pencarian resep, berbelanja dan preparasi bahan masakan saya lakukan seminggu sekali. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana penyimpanan sayurannya? 

Langkah ini yang sedang kami latihkan untuk menjadi sebuah pola kebiasaan dalam penyimpanan sayuran :
  • Jika memungkinkan, sayuran yang sudah siap dimasukkan kulkas, kami kelompokkan berdasarkan komposisi masakannya. Misal, mau masak pecel, maka sayuran seperti kacang panjang dan labu siam kami jadikan sekelompok. Mau masak sop, kami jadikan kentang, wortel, buncis, brokoli sekelompok.
  • Khusus untuk sayuran hijau, kalau dicampur dengan sayuran lain, akan menurunkan umur simpan. Maka sayuran hijau kami letakkan di wadah tersendiri, diberi alas tisu untuk menyerap air yang masuk ke wadah, dan membaginya sesuai porsi masakan dengan tisu sebagai pembatasnya.
  • Masing-masing wadah per masakan diberi tanggal sesuai rencana masaknya di jadwal yang telah dibuat.
  • Sayuran yang tidak berkategori, kami masukkan dalam 1 wadah dengan tetap diberi lapisan tisu sebagai alas.

 
Selamat menjadi manajer gizi keluarga J

#griyariset
#risetdapur
#DOPfor99days
#day77





0 comments:

Post a Comment

 

Belajar Makan Template by Ipietoon Cute Blog Design